Home / Banten / Waspadai Penyeludupan Narkotika di Tengah Arus Mudik, BNNK Cilegon Gelar Operasi P4GN
BNNK Cilegon terjunkan anjing pelacak narkotika antisipasi penyeludupan narkotika yang memanfaatkan situasi arus mudik di gerbang tol Merak.Foto:BNNK Cilegon

Waspadai Penyeludupan Narkotika di Tengah Arus Mudik, BNNK Cilegon Gelar Operasi P4GN

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Antisipasi  para pelaku penyeludup narkotika dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya yang  memanfaatkan situasi arus mudik Lebaran, jajaran Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Cilegon dan Tim Pemberantasan menggelar operasi  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Pelabuhan Penyeberangan Merak, kemarin malam.

Operasi  dipimpin langsung Kepala BNNK Cilegon Raden Fadjar Widjanarko, menerjunkan  anjing pelacak spesialis narkotika dari Unit K-9 BNNP Banten.

“Pada prinsipnya, kegiatan ini merupakan langkah antisipasi peredaran narkotika yang sering kali memanfaatkan momentun libur Lebaran dan suasana mudik untuk menyelundupkan dan menggelapkan pasokan narkotika melalui jalur logistic dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya melalui Pelabuhan Merak,” jelas Roy sapaan akrab Kepala BNNK Cilegon.

Dijelaskan Roy, diterjunkannya anjing pelacak khusus narkotika ini untuk membantu para petugas saat melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan, barang bawaan yang disembunyikan para pelaku penyeludup supaya luput dari pemeriksaan petugas.

“Anjing ini sudah dilatih dan terlatih, untuk  mengendus narkotika yang disembunyikan oleh para pelaku,” jelas Roy.

Pihak BNNK Cilegon dan Tim Penindakan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan di kawasan Pelabuhan Merak dan pintu keluar tol Merak.

Kepala BNNK Cilegon Raden Fadjar Widjanarko (kiri).Foto:BNNK Cilegon

Operasi P4GN  ini lanjut dia, akan terus dilakukan untuk mencegah masuknya narkotika. Dan dalam pelaksanaanya bekerja sama dengan Polsek Pulomerak, KSKP Merak, Kodim 0623 Cilegon dan ASDP Merak dan TNI-AL.

“Dalam operasi ini, tentu Kami akan intens melakukan pemantauan jalur ini bersama para anggota dan stakeholder terkait,” tutupnya.(ps)

Check Also

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Gubernur WH : Kota Serang Etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap Kota Serang tumbuh menjadi etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *