Home / Banten / Wali Kota Cilegon:Terima Kasih Kapolres Cilegon, Kapolsek Purwakarta dan Wartawan Sudah Bantu Penderita Gizi Buruk
Kapolsek Purwakarta Iptu Atep Mulyana mendatangi rumah Muhamad Afdil untuk memberikan bantuan.Foto:poesaputra-wongbanten.id

Wali Kota Cilegon:Terima Kasih Kapolres Cilegon, Kapolsek Purwakarta dan Wartawan Sudah Bantu Penderita Gizi Buruk

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, menyampaikan rasa terima kasihnya Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Kapolsek Purwakarta Iptu Atep Mulyana dan Forum Wartawan Cilegon (FWC) yang telah memberikan bantuan kepada Muhammad Afdil, anak berusia dua belas tahun yang menderita  gizi buruk.

“Dalam waktu dekat, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial akan segera memberikan bantuan kesehatan,” ujar Helldy yang dikonfirmasi wongbanten.id melalui aplikasi  percakapan WhatsApp,Rabu (26/5/2021).

Muhammad Afdil, anak ketiga dari pasangan Herman dan Hamsanah yang tinggal Lingkungan Penyairan Atas, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta itu  hanya bisa tergolek di selembar kasur.

Kondisinya sangat memprihatinkan, meski usianya sudah  12 tahun badan Afdil seperti anak kecil.Tinggi dan berat badannya dibawah normal, kedua kaki dan tangannya kecil sehingga tidak bisa digerakan/lumpuh.Yang menyedihkan, tubuh Muhammad Afdil seperti tulang berbalut kulit, sangat kurus.

Kondisi anak yang kedua orang tuanya bekerja serabutan itu harus segera mendapatkan penanganan medis yang serius.

Baca:Polres Cilegon dan Forum Wartawan Cilegon Berikan Bantuan untuk Bocah Penderita Gizi Buruk di Kotabumi

Entah faktor apa, kedua orang tua anak penderita gizi buruk itu tidak membolehkan Afdil mendapatkan penanganan medis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon.

Petugas kesehatan setempat sudah berulangkali  membujuk orang tua Afdil supaya anaknya itu dibawa ke Puskesmas untuk mendapat perawatan, namun ibunya tetap bersikukuh anaknya akan dia rawat di rumahnya. Dia tidak ingin anaknya dirawat di rumah sakit.

Hamsanah menyatakan, Afdil sudah mengalami kelainan sejak berusia satu tahun. “Sebelumnya, kondisi Afdil seperti anak normal lainnya.Saat berumur satu tahun, kondisi anak saya berubah,” katanya kepada wartawan, Rabu (26/5).

Hamsanah, menyatakan dirinya tidak mengijinkan anaknya untuk dirujuk ke rumah sakit. Menurutnya, ia ingin merawat anaknya di rumah. Hal itu, membuat pihak berwenang seperti kelurahan dan Puskesmas Purwakarta tidak bisa berbuat banyak.

“Tolong ya, saya ingin dirumah saja (merawat Afdil). Kalau ada bantuan sembako, uang atau obat saya terima, tapi jangan (Afdil) dibawa ke rumah sakit yah.Saya janji ngak akan keluar rumah,” pintanya.

Sementara itu, Ketua RT 02, RW 08 Lingkungan Penyairan Atas, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta Ruslan mengungkapkan, Suherman orang tua Afdil memiliki tiga anak dan hanya Afdil yang mengalami kondisi gizi buruk.

Pihaknya, sudah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas dan Dinkes Kota Cilegon. Namun, karena keterbatasan, orang tua Afdil enggan dibawa ke rumah sakit.

“Sebenarnya dari tingkat RT sudah berupaya semampunya. Saat akan ditangani puskesmas dan dinkes, si Ibu (Hamsanah) selalu menolak untuk dirawat,” ungkapnya.

Ruslan menambahkan, diharapkan ada jalan atau solusi yang diberikan, sehingga kondisi kesehatan Afdil bisa secepatnya mendapatkan penanganan.

“Kami harap ada jalan yang bisa diambil, sehingga Afdil bisa mendapatkan akses kesehatan dan kembali sehat,” imbuhnya.(ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *