Home / Banten / Wali Kota Cilegon Diminta Jembatani Persoalan Pemecatan Buruh
Aksi solidaritas buruh di depan kantor Wali Kota Cilegon, Rabu (2/6/2021).Foto:poesaputra-wongbanten.id

Wali Kota Cilegon Diminta Jembatani Persoalan Pemecatan Buruh

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Ratusan buruh yang tergabung dalam beberapa organisasi serikat buruh di Cilegon, berunjuk rasa di depan depan Kantor Wali Kota Cilegon.Aksi solidaritas buruh itu menyikapi tindakan sewenang-wenang  terhadap 32 orang buruh yang di PHK dari pekerjaannya di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) oleh PT Angsa Mas selaku perusahaan alih daya di rumah sakit tersebut.

Menurut kordinator aksi Rudi, puluhan buruh yang di PHK dari RSKM itu sudah lama mengabdikan dirinya di rumah sakit milik perusahaan BUMN tersebut. Menurut dia, seharusnya pihak  RSKM memprioritaskan warga setempat bekerja ditempat itu.

Dijelaskan dia, puluhan buruh tersebut  bekerja di bagian dapur yang mengurusi makanan untuk pasien yang dirawat di RSKM.

“Sementara mereka di PHK dengan alasan bagian dapur sedang tidak operasi.Tapi ada pertanyaan mengapa jadi ada jasa catering untuk memenuhi kebutuhan makanan pasien,” ujarnya.

Dikatannya, tidak mudah menangani makanan untuk orang sakit atau pasien, sementara puluhan buruh yang diberhentikan itu, sudah terlatih menyiapkan makanan untuk pasien sesuai dengan standard.

Kalaupun PT  Angsa Mas sudah tidak ada kerjasama dengan RSKM, seharusnya buruh tidak boleh di PHK, artinya kan dilanjut dengan vendor yang baru.

Upaya mediasi pun telah dilakukan antara  pihak rumah sakit dan DPRD Kota Cilegon, supaya RSKM didorong untuk mempekerjakan kembali 32 orang buruh  tersebut. Namun hingga saat ini, puluhan buruh itu belum dipekerjakan kembali sejak di PHK tiga bulan yang lalu.

“Sudah jelas penegasannya bahwa untuk kasus RSKM ini 32 buruh ini harus diprioritaskan. Kita ke wali kota untuk menjembatani persoalan  ini. Dan wali kota  mendesak RSKM agar 32 karyawan ini bisa diperkerjakan kembali,” ujarnya. (ps)

Check Also

Harapan Wagub Banten:Target Saber Pungli, Pelayanan Publik dan Cegah Korupsi

WONGBANTEN.ID,SERANG– Guna memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta mencegah terjadinya tindak  korupsi di …

Cegah Penyebaran Covid-19,Polres Cilegon Terapkan Protokol Kesehatan

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Kota Cilegon saat ini masuk kategori penyebaran virus corona  sedang atau zona oranye. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *