Home / Lingkungan / Drainase Penuh Sampah, Saat Hujan Deras Jalan di Cilegon Sering Terendam Banjir
Drainase di Simpang Tiga, tidak jauh dari Kantor Wali Kota Cilegon ditutupi sampah.Foto:poesaputra-wongbanten.id

Drainase Penuh Sampah, Saat Hujan Deras Jalan di Cilegon Sering Terendam Banjir

Bila hujan turun, beberapa  ruas jalan di Kota Cilegon kerap terendam air hujan yang disebabkan  meluapnya air dari sistem saluran air jalan (drainase).Salah satu faktor penyebabnya akibat tumpukan sampah di saluran drainase.

Dari beberapa literatur fungsi drainase untuk mengeringkan bagian wilayah kota yang permukaan lahannya rendah dari genangan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif, berupa kerusakan infrastruktur kota seperti jalan atau trotoar.

Selain itu,fungsi lainnya mengalirkan kelebihan air permukaan badan air terdekat secepatnya agar tidak membanjiri/ menggenangi kota yang dapat merusak selain harta benda masyarakat juga infrastruktur perkotaan.

Mengendalikan sebagian air permukaan akibat hujan yang dapat dimanfaatkan untuk persediaan air dan kehidupan akuatik.Dan, meresapkan air permukaan untuk menjaga kelestarian dan ketersediaan  air tanah.

Sampah Persoalan Drainase

Perkotaan merupakan jantung segala aktivitas kegiatan manusia, pusat perdagangan, pusat produsen, sekaligus pusat konsumen. Di  wilayah perkotaan tinggal banyak manusia, beragamam fasilitas umum, transportasi, komunikasi.

Saluran drainase di daerah perkotaan menerima tidak hanya air hujan, tetapi juga air buangan (limbah) rumah tangga dan limbah pabrik. Hujan yang jatuh di wilayah perkotaan kemungkinan besar terkontaminasi manakala air itu memasuki dan melintasi atau berada pada lingkungan perkotaan tersebut.

Bukan hanya itu, kurangnya kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap pentingnya kebersihan drainase juga merupakan penyebab terjadinya permasalahan pada sistem drainase perkotaan.Saluran drainase dijadikan tempat membuang sampah, ini yang memicu seringnya terjadi banjir, sebab air tidak mengalir secara lancar dan menyebabkan banjir di kawasan tersebut.

Seperti terlihat drainase di Simpang Tiga dekat tugu Landmark,Kecamatan Purwakarta, tidak jauh dari Kantor Wali Kota Cilegon sampah menumpuk di saluran air.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang(DPUTR) Kota Cilegon Ridwan mengatakan, salah satu faktor penyebab sering terendamnya beberapa  ruas jalan di wilayah Kota Cilegon disebabkan karena banyaknya sampah di saluran tersebut.

“Ada program perawatan dan perbaikan dikami, salah satunya yakni melakukan pembersihan saluran drainase yang dipenuhi tumpukan sampah,” jelas dia.

Selain membersihkan sampah di saluran air, pihak DPUTR juga melakukan pengerukan lumpur.Hal tersebut dilakukan supaya air mengalir, tidak meluap ke jalan terutama saat hujan deras.(poe)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *