Home / Banten / KSKP Merak Tangkap 5 Pelaku Pemalsuan Tiket Penyeberangan, 4 Diantaranya Petugas Sekuriti Dermaga Eksekutif
ilustrasi-net

KSKP Merak Tangkap 5 Pelaku Pemalsuan Tiket Penyeberangan, 4 Diantaranya Petugas Sekuriti Dermaga Eksekutif

WONGBANTEN.ID. MERAK-Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, menangkap lima orang tersangka pelaku pemalsuan tiket kapal penyeberangan (ferry-red) berbasis online, Ferizy, di dermaga 6 eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak, Sabtu kemarin.

Empat dari lima tersangka, yaitu Saf (27), MAK (28), AH (25), Mdi (22), ternyata petugas sekuriti di dermaga 6 eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak , sementara satu tersangka lainnya OF petugas tambat kapal atau kepil di dermaga.

Kepada wongbanten.id, Minggu (13/6/2021)  Kepala KSKP Merak AKP Deden Komarudin membenarkan pihaknya telah menangkap 5 orang tersangka yang memalsukan tiket penyeberangan.

“Para tersangka sudah kami serahkan ke Satreskrim Polres Cilegon untuk penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.Dari tangan tersangka pelaku disita empat rangkap tiket penyeberangan yang diduga palsu,” ujar Deden.

Menurut mantan Kapolsek Cinangka ini, sasaran para pelaku yaitu para penumpang kendaraan pribadi yang akan menyeberang melalui dermaga eksekutif, namun konsumen tidak punya tiket on line.

Para tersangka lanjut Deden, mempunyai peran masing-masing.Diantaranya ada yang menawarkan tiket on line hingga mengawal kendaraan masuk kapal. Dari pengakuan tersangka tarif yang dikenakan sebesar Rp630 ribu

“Yang dipalsukan oleh para tersangka di tiket on line identitas penumpang dan nomor kendaraan, padahal dalam aturan manifes kapal, nama penumpang dan nomor kendaraan harus sesuai,” jelasnya.

Mulai Juni 2020, pemerintah telah meluncurkan layanan pembelian tiket kapal penyeberangan/ferry  secara on line, termasuk di Pelabuhan Penyeberangan Merak .Masyarakat bisa mengakses  melalui situs web www.ferizy.com atau aplikasi di telepon seluler.

Dengan perubahan pembelian tiket dari tunai ke on line akan menjadikan pencatatan data manifes semakin akurat sebagai dasar klaim asuransi sebagai  bentuk perlindungan konsumen yang menjadi hak pengguna jasa melalui PT Jasa Raharja.

Masih Diperiksa

Dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Arief Nazarudin Yusuf menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan terkait dugaan pemalsuan  tiket penyeberangan fery.

“Saat ini, kami sedang memeriksa saksi-saksi,” katanya. (ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *