Home / Nusantara / Dewan Pers Kutuk Penembakan Jurnalis di Sumut, Polisi Harus Serius Selidiki Kasusnya
ilustrasi-net

Dewan Pers Kutuk Penembakan Jurnalis di Sumut, Polisi Harus Serius Selidiki Kasusnya

WONGBANTEN.ID,JAKARTA-Dewan Pers mengutuk kekerasan dan pembunuhan terhadap Pemimpin Redaksi LasserNewsToday,Mara Salem Harahap,  yang tubuhnya ditemukan sudah tidak bernyawa di dalam kendaraan pribadinya,  tidak jauh dari kediamannya di Karang Anyer, Kabupaten Simalungun , Sumatera Utara, Sabtu (19/6/2021).

Dalam Surat Pernyataan Dewans Pers Nomor:02/P-DP/2021,yang dikeluarkan  Sabtu (19/6/2021) dan  ditandatangani oleh  Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, dinyatakan Mara Salem Harahap meninggal dunia dengan jejak kekerasan.Ditemukan  dua luka tembak ditubuhnya.

Menurut Dewan Pers, kekerasan apalagi yang menghilangkan nyawa, jelas tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun.

“Terlebih jika kekerasan itu dilakukan terkait dengan pekerjaan sebagai wartawan,” tegas Mohammad Nuh dalam siaran persnya.

Dewan Pers mengutuk kekerasan dan pembunuhan terhadap Mara Salem Harahap.Dewan Pers  mendesak aparat kepolisian untuk segera menyelidiki kasus ini secara serius dan seksama.

Pelaku dan motif pembunuhan harus diungkapkan,rasa keadilan keluarga Mara Salem Harahap juga harus ditegakkan.Dewan Pers menghimbau agar segenap komunitas pers Sumatera Utara untuk memperhatikan masalah pembunuhan Mara Salem Harahap dan secara proporsional membantu aparat kepolisian dalam mencari bukti dan mengungkap fakta.

Dewan Pers juga menghimbau kepada semua pihak yang merasa dirugikan pers untuk menempuh prosedur penyelesaian sengketa pers seperti telah diatur  dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan peraturan Dewan Pers.

Dan yang tak kalah penting, Dewan Pers menghimbau agar segenap unsur pers nasional senantiasa  mengedepankan keselamatan diri dan menaati Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugas professional sebagai wartawan. (ps)

 

 

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *