Home / Banten / Gubernur Banten Bagikan 120 Traktor Tangan kepada Kelompok Tani
Kepala Dinas Pertanian Agus M Tauchid

Gubernur Banten Bagikan 120 Traktor Tangan kepada Kelompok Tani

WONGBANTEN.ID,SERANG-Gubernur Banten Wahidin Halim menyerahkan bantuan 120 unit traktor tangan kepada kelompok tani  (Poktan)yang tersebar di empat  kabupaten dan satu kota. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Pertanian Agus M Tauchid kepada perwakilan Poktan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Drangong, Kota Serang (Rabu, 23/6/2031).

Bantuan traktor tersebut merupakan upaya Pemprov Banten dalam pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Pemberian traktor tangan dari pemerintah  kepada 120 kelompok tani ini menunjukkan bahwa  gubernur  begitu perhatian terhadap para petani dan sektor pertanian di Banten,” ungkap Agus.

120 Poktan yang mendapat bantuan ini tersebar di Kabupaten Lebak sebanyak 34 Poktan, Kabupaten Pandeglang 33 Poktan, Kabupaten Serang 31 Poktan, Kabupaten Tangerang 18 Poktan, dan Kota Serang sebanyak 4 Poktan.

Agus menambahkan, tujuan Pemprov Banten memberi bantuan traktor tangan kepada para petani tujuannya untuk meningkatkan produksi padi.

“Banten saat ini termasuk sembilan  besar produsen beras tertinggi di Indonesia dan tahun ini target kita bisa naik ke posisi delapan  besar,” ungkapnya.

Merujuk pada rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat pada tanggal 1 Maret 2021, Provinsi Banten menempati posisi sembilan besar produsen beras secara Nasional tahun 2020. Dengan luas panen 325.333 ha, Provinsi Banten mampu menghasilkan padi 1.655.170 ton gabah kering giling (GKG) atau setara 937.815 ton beras.

Agus memastikan, traktor tangan diberikan secara gratis dan tidak ada tebus-menebus dalam proses pemberian bantuan ini. Kelompok penerimaannya pun dipastikan  sudah masuk dalam Simluhtan (Sistem Penyuluh Pertanian).

“Pak gubernur memberikan bantuan di saat para petani membutuhkan bantuan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Diharapkan ini bisa menumbuhkan sektor lain, seperti terciptanya lapangan pekerjaan,” tutup Agus.

Salah satu petani penerima bantuan Sanara dari Kelompok Tani Sekar Mekar Desa Cimentrung, Kecamatan Cadasari, Pandeglang mengaku bersyukur atas bantuan ini.

“Alhamdulilah bantuan dari Provinsi Banten, dari Pak Gubernur berupa hand traktor kami terima dengan baik. Kami ucapkan terima kasih karena sudah sangat peduli terhadap para kelompok tani. Sekali lagi terima kasih karena sudah dibantu,” katanya.(ps-rls)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *