Home / Banten / Dandim 0623/Cilegon:Cukup Tinggi Animo Warga Cilegon Ikut Program Komponen Cadangan
Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon.Foto:ist

Dandim 0623/Cilegon:Cukup Tinggi Animo Warga Cilegon Ikut Program Komponen Cadangan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Animo warga Kota Cilegon untuk menjadi anggota komponen cadangan (komcad) cukup tinggi, hal itu terlihat dari masyarakat yang mendaftar di Komando Distrik Militer (Kodim) 0623.

“Sejak  dimulainya pembukaan pendaftaran hingga penutupan, jumlah calon anggota komcad yang mendaftar sebanyak 67 pendaftar,” jelas Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, Kamis (24/6/2021).

Untuk jumlah pendaftar lanjut mantan Dan Yonif 310/KK itu, Kodim 0623 Cilegon menempati urutan ke dua se Korem 064/Maulana Yusuf.

Dijelaskan Ageng, setelah mengikuti  beberapa tahapan seleksi  para calon anggota komcad tersebut akan dididik di Komando Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Kodam III/ Siliwangi yang berlokasi di Ciuyah, Kabupaten Lebak.

“Disana,mereka akan menjalani pendidikan selama 3 bulan,” jelas Ageng.

Dandim 0623/Cilegon pun mengungkapkan,  alasan para pendaftar calon komcad rata-rata sama yaitu mereka merasa terpanggil untuk mengabdi dan bela negara serta  menambah wawasan kebangsaan.

Dikutip dari portal resmi Kemenhan www.kemhan.go.id,  Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kemhan,  Mayjen TNI Dadang Hendrayudha  saat memimpin Rakor Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) menyampaikan, dalam menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan sistem Pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa. Oleh karena itu pembentukan Komcad adalah sebuah keharusan sebagaimana amanat Undang-undang.

Seleksi penerimaan akan  diadakan pada minggu I, II, dan III bulan Juni 2021, sedangkan pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan akan dimulai sejak minggu ke-4 bulan Juni sampai dengan September 2021. Perekrutan komcad  dilakukan atas dasar sukarela.

Sebagai langkah awal, pendidikan dan pelatihan akan dilaksanakan di Pulau Jawa, dengan alokasi sebanyak 2.500 orang. Pendidikan akan dilaksanakan di Rindam-Rindam yang ada di Pulau Jawa yaitu Rindam Jaya/Jayakarta, Rindam III/Siliwangi, Rindam IV/Diponegoro, dan Rindam V/Brawijaya. Penerimaan tahap pertama diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa, PNS, dan pegawai BUMN/BUMS, serta pembina muda Pramuka.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *