Home / Banten / RSUD Cilegon Kewalahan Tampung Pasien Covid-19, Tidak Ada Tempat Tidur dan Ventilator Kurang
ilustrasi-net

RSUD Cilegon Kewalahan Tampung Pasien Covid-19, Tidak Ada Tempat Tidur dan Ventilator Kurang

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panggungrawi kewalahan menampung pasien Covid-19,karena jumlah pasien sudah melebihi ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR).

Selain kekurangan tempat tidur, rumah sakit pelat merah ini juga kekurangan ventilator.RSUD Panggunggrawi mulai pukul 16.00 WIB, Minggu (27/6/2021) menutup Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena dipenuhi pasien Covid-19.Selain IGD, ternyata ruang  isolasi Covid-19 juga  sudah penuh terisi/fullbed.IGD akan dibuka kembali besok, Senin (28/6/2021) pukul 18.00 WIB.

Pihak rumah sakit pun menghimbau, bila ada pasien darurat mohon rujukan dialihkan ke RS sekitarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur utama RSUD Panggungrawi, Ujang Iing menjelaskan, kamar Alamanda ruangan khusus untuk pasien Covid-19 saat ini pun  sudah penuh, dari 5 bed yang tersedia tinggal satu bed kosong karena pasien Covid-19 yang dirawat meninggal dunia.

Untuk menampung pasien Covid-19 yang terus meniingkat, pihak rumah sakit  terpaksa memakai ruang IGD.

“Di IGD kami sediakan 10 bed dan sudah terisi penuh dengan 2 orang pasien positif Covid-19, 7 pasien hasil PCRnya positif dan seorang suspek,” jelas Ujang Iing, Minggu (27/6/2021).

Selain kekurangan tempat tidur, Ujang Iing mengatakan saat ini  rumah sakit juga kekurangan ventilator.

“Rencana kami akan mengajukan 19 yempat tidur dan penambahan ventilator ke wali kota, sementara kami sudah siapkan 4 tempat tidur yang akan datang hari Selasa,” katanya.

Mantan Kadis LH itu menerangkan, untuk penyediaan 4 bed menggunakan anggaran  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD.

9 Nakes Positif Covid-19

Menurut Ujang Iing saat ini terdapat sembilan pegawai dan tenaga kesehatan di RSUD Panggungrawi yang posoitif Covid-19.Sudah dua minggu delapan orang menjalani isolasi mandiri dan seorang menjalani perawatan.

Sementara tempat isolasi mandiri  yang disediakan Pemkot Cilegon di Trans Hotel, dari 41 kamar yang disediakan dalam sepekan ini terisi penuh.

Pemkot Cilegon sendiri tengah melakukan penjajakan  untuk menjadikan mess PT Krakatau Steel tempat isolasi mandiri.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *