Home / Banten / Kasus Covid-19 Meningkat, Wali Kota Cilegon Cari Kamar untuk Isolasi pasien Covid-19
Ilustrasi kamar isolasi untuk pasien Covid-19-net

Kasus Covid-19 Meningkat, Wali Kota Cilegon Cari Kamar untuk Isolasi pasien Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Kasus positif Covid-19 di Kota Cilegon terus mengalami peningkatan. Tingginya kenaikan kasus corona virus ini pun sejalan dengan kenaikan kebutuhan rumah sakit dan tempat isolasi mandiri untuk menampung pasien.

Saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panggungrawi sudah tidak mampu menampung pasien Covid-19, begitu pula dengan tempat isolasi mandiri yang disediakan oleh Pemkot Cilegon di Hotel Trans.

Dari data peta sebaran  konfirmasi Covid-19 di Kota Cilegon yang dirilis Dinkes Kota Cilegon per tanggal 28 Juni 2021, tercatat pasien Covid-19 yang dirawat 579 naik 48 dari hari sebelumnya  531, pasien sembuh 6.308 naik 39 dari  hari sebelumnya  6.269  dan yang meninggal 222 naik 1 dari hari sebelumnya 221.

Baca:RSUD Cilegon Kewalahan Tampung Pasien Covid-19, Tidak Ada Tempat Tidur dan Ventilator Kurang

Wali Kota Cilegon,  Helldy Agustian menyatakan saat ini Kota Cilegon masih dalam zona oranye penyebaran Covid-19.Diakuinya, kondisi RSUD Panggungrawi saat ini sudah penuh,  hal itu juga terjadi di tempat isolasi  di Trans Hotel.

“Salah satu upaya untuk menambah tempat isolasi, pemerintah daerah melakukan  koordinasi dengan PT Krakatau Steel supaya   dapat meminjamkan mess mereka.Ada 30 kamar di asrama billet yang bisa dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19,” jelas Helldy yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Cilegon. , Senin (28/6/2021).

Pusat Komando

Salah satu langkah strategis yang dilakukan Pemkot Cilegon dalam penanganan Covid-19 secara terpadu yaitu membentuk pusat komando atau command center Covid-19.Pusat komando berada di samping ruang kerja wali kota di Kantor Wali Kota Cilegon.

“Sore ini saya akan melakukan rapat virtual dengan para camat dan lurah se-Kota Cilegon.Saya ingin mengetahui laporan dari para camat dan lurah, bagaimana action plannya dalam penanganan Covid-19 hingga ke tingkat lurah,” ujar Helldy.

Pusat komando itu nantinya kata wali kota, menjadi  tempat  sarana pendukung informasi dan komunikasi dengan semua elemen terkait.Selain itu,  pusat komando pun menyediakan data-data tentang perkembangan Covid- di wilayah Kota Cilegon-19.

“Untuk biaya yang timbul akibat PPKM tingkat Kota Cilegon, dibebankan kepada APBD dan sumber pembiayaan lain yang sah dan tidak mengikat. PPKM mulai dari kelurahan hingga  kecamatan sudah ada dananya untuk penanganan  Covid-19,”kata Helldy.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *