Home / Banten / Satgas Covid-19 Tingkat RW,Menunggu Realisasi Anggaran Operasional Penanganan Covid-19 Cair

Satgas Covid-19 Tingkat RW,Menunggu Realisasi Anggaran Operasional Penanganan Covid-19 Cair

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Pemerintah Kota Cilegon, melibatkan seluruh rukun warga (RW) sebagai Satgas Covid-19 tingkat RW dalam penanganan Covid-19, dalam pelaksanaannya setiap RW mendapat dana bantuan operasional dari pemerintah daerah setempat sebesar Rp13 juta per RW.Namun, hingga kini bantuan operasional tersebut belum sampai atau cair, hal tersebut dipertanyakan para pengurus RW.

Dana operasional untuk RW tersebut merupakan salah satu item di anggaran operasional untuk kelurahan dalam penanganan Covid-19.Anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk penanganan pandemi Covid-19. masing-masing kelurahan nilainya bisa mencapai ratusan juta.

Hal tersebut bertolak belakang dengan pernyataan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.Menurut wali kota, alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 itu sudah disalurkan dari Pemkot Cilegon ke setiap kelurahan.

“Ya kan sudah ada alokasi dari pemerintah ke kelurahan,” ujar Helldy singkat, di Gedung DKISS Kota Cilegon, Selasa(29/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Helldy pun tidak menjelaskan kapan setiap kelurahan atau RW menerima dana operasional penanganan Covid-19 berikut perinciannya.

Informasi yang diperoleh wongbanten.id, dana operasional penanganan Covid-19 tersebut, masuk dalam   Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Bappeda Kota Cilegon, menyesuaikan dengan kegiatan Pemkot Cilegon bukan RKA masing-masing kelurahan.

Dikonfirmasi terkait pernyataan Wali Kota Cilegon yang menyatakan bahwa anggaran tersebut sudah disampaikan ke kelurahan, beberapa lurah dengan tegas menyatakan belum menerima dana operasional tersebut.

“Sampai hari ini kami belum menerima dana bantuan operasional, ini malah  baru dimasukin ke dalam sistem,” ujar salah seorang lurah.

Dijelaskan dia, dana bantuan operasional penanganan Covid-19 peruntukannya menyewa tenda untuk posko, makan minum (makmin) petugas piket satgas dan alat propaganda atau informasi Covid-19,seperti spanduk.

“Sewa tenda posko  satu hari, tetapi petugas satgas Covid-19 piket selama 15 hari, terus nanti mereka bagaimana?,” ujarnya.

Menurutnya, seharusnya dalam penyusunan RKA tersebut berdasarkan kebutuhan lingkungan, dia mencontohkan tidak usah menyewa tenda sebab bisa memakai bangunan yang ada untuk dijadikan posko, seperti pos yandu, pos ronda, atau beberapa posko PPKM yang sekarang berdiri.

“Jadi, anggaran buat sewa tenda bisa dialihkan untuk beli masker atau yang mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” harapnya.

Perlu juklak dan juknis

Lurah lainnya mengungkapkan, seharusnya Pemkot Cilegon membuat petunjuk pelaksana (juklak)dan petunjuk teknis  (juknis) terkait digelontorkannya dana bantuan operasional penanganan Covid-19.

Dia pun mengungkapkan, adanya bantuan dana operasional di tingkat RW dipahaminya bahwa setiap rukun warga akan menerima uang tunai Rp13 juta. Padahal lanjut dia, dalam penanganan corona virus ini setiap RW tidak menerima uang tunai, tetapi apa kebutuhan yang diperlukan di masing-masing posko Covid-19 tingkat RW.

Persoalan lain tambah dia, dalam pengelolaan dana bantuan tersebut  juga tidak mudah.Meskipun DPA  telah dapat dilaksanakan per tanggal DPA disahkan, dimana realisasi DPA sub kegiatan dimaksud, dapat direalisasikan melalui mekanisme realisai DPA (baik GU ataupun LS) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal tersebut membutuhkan proses.

Dia mencontohkan dalam makan minum untuk petugas piket satgas Covid-19, nilainya besar dan itu harus melalui mekanisme kontrak dengan pihak ke tiga.

“Ini perlunya juklak dan juknis tersebut, supaya kami tidak bingung.Kalau di pihak ke tiga kan kami harus menyusun berapa banyak petugas satgas yang dapat jatah makmin, berapa kali mereka makan, siapa nanti penyedianya dan sebagainya,” jelas dia.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *