Home / Banten / PPKM Darurat Covid-19 Masjid dan Musala Ditutup, Wali Kota Cilegon Minta Maaf
Gelar pasukan Operasi Covid-19, PPKM Darurat-19 di Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (2/7/2021).Foto:poesaputra-wongbanten.id

PPKM Darurat Covid-19 Masjid dan Musala Ditutup, Wali Kota Cilegon Minta Maaf

WONGBANTEN.ID,CILEGON-. “Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat, soal tempat ibadah ini sudah menjadi aturan dari pemerintah pusat,” ujar Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara gelar pasukan Operasi Covid-19, PPKM Darurat-19 di Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (2/7/2021).

Penutupan  tempat ibadah tertuang dalam Keputusan Walikota (Kepwal) Nomor 360/Kep.157-BPBD/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Tingkat Kota Cilegon. Termasuk, pemberlakukan pembatasan terhadap kegiatan  masyarakat, termasuk soal tempat ibadah yang ditutup  selama PPKM Darurat yang mulai diberlakukan tanggal 3-20 Juli 2021.

Dalam Kepwal pada poin ke-4 huruf C, disebutkan bahwa tempat ibadah seperti Masjid, Mushola, dan tempat ibadah lainnya serta fasilitas umum untuk tutup sementara selama PPKM Darurat berlangsung hingga 20 Juli 2021.

Helldy pun menyoal penutupan tempat ibadah selama PPKM Darurat Covid-19, untuk kemaslahatan bersama dalam upaya pengendalian Covid – 19.Dijelaskan dia, penutupan tempat ibadah merupakan aturan dari pemerintah pusat.

Persoalan ini pun lanjutnya, sudah dikomunikasikan dengan menggelar pertemuan dengan  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cilegon.

“Tadi pagi, kami sudah rapat dengan MUI Kota Cilegon, dan semuanya menerima serta paham dengan kondisi sekarang (pandemi covid-19-red) untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Beri pengertian

Sementara, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta , mengungkapkan saat rapat bersama para ulama  MUI Kota Cilegon, Sanuji meminta MUI kota hingga MUI kecamatan dibantu para ulama bisa memberikan pengertian dan pemahaman  kepada warga Kota Cilegon  bagaimana mematikannya Covid-19 ini.

“Mencegah mudarat diutamakan daripada mendapatkan maslahat. Bagaimana Rasulullah melarang kita jika hujan besar melarang kita ke masjid. Karena ini besar sisi mudaratnya, sehingga selama 17 hari masyarakat salat di rumah dahulu,” imbuhnya.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono menjelaskan,  sudah ada keputusan MUI Pusat dan Kota Cilegon mengenai ditutupnya temnpa ibadah selama PPKM Darurat Covid-19, dan hal itu  akan disampaikan kepada  seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), sehingga diharapkan tidak ada ketersinggungan selama disampaikan dengan sopan dan enak.

“Saya muslim, walikota muslim dan dandim muslim dan setiap hari ke masjid, karena ini untuk kemaslahatan keselamatan rakyat nomor satu yang kita ikuti,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Harian Majelis Ulama Indonesia Abdullah Syarif menyatakan, membenarkan jika sudah ada rapat dengan Pemkot Cilegon untuk mensosialisasikan PPKM Darurat Covid-19 kepada DKM

Tetapi pihaknya  meminta  wali kota agar adzan di masjid tetap dilakukan dan salat berjamaah tetap bisa dilaksanakan, minimal  untuk pengurus DKM saja.Menurutnya,  jangan sampai masjid ditutup secara total.

“Masyarakat kan tidak bisa diberikan arahan karena hanya soal aturan saja, sehingga kami meminta jika adzan tetap ada dan jamaah tetap ada hanya untuk DKM saja minimal 5 orang, masyarakat tetap salat di rumah, jadi tidak ada penutupan total masjid,” ungkapnya.

Penutupan sementara tempat ibadah juga disikapi oleh Pembina Gerakan Bersama Anti Kemaksiatan (Gebrak) Banten Eddy Jhon, menurutnya  kalau mau di tutup karena kerumunan dan Covid-19  itu bahaya, sampai tempat ibadah pun di tutup,  berarti ini sangat sangat darurat.

“Jadi kalo tempat ibadah di tutup,  semua aktifitas di Kota Cilegon juga harus di tutup, pabrik pasar dan semua harus tutup.Banten di kenal bumi sejuta santri seribu ulama,”tegasnya.(ps)

 

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *