Home / Banten / Anggaran Bantuan Operasional Tak Kunjung Cair, Satgas Covid RW Iuran Beli Disinfektan
ilustrasi-net

Anggaran Bantuan Operasional Tak Kunjung Cair, Satgas Covid RW Iuran Beli Disinfektan

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Keputusan Wali Kota Cilegon Nomor:360/Kep.157-BPBD/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Tingkat Kota Cilegon diantaranya menetapkan Satgas RT/RW bertugas melakukan pelacakan kasus suspek dan kontak erat.Kemudian, melakukan isolasi mandiri/terpusat dengan pengawasan ketat.

Dalam pelaksanaannya, setiap Satgas Covid RW akan mendapat dana bantuan operasional dari Pemkot Cilegon sebesar Rp13 juta per RW.Namun, sampai saat ini bantuan operasional tersebut tidak jelas juntrungannya sudah disalurkan atau belum, hingga PPKM Darurat tingkat Kota Cilegon diperpanjang mengikuti PPKM Darurat COvid-19 Jawa-Bali yang diberlakukan mulai tanggal 3-20 Juli 2021.

Baca:Satgas Covid-19 Tingkat RW,Menunggu Realisasi Anggaran Operasional Penanganan Covid-19 Cair

Salah seorang pengurus RW di Kelurahan Warnasari yang tidak mau disebut namanya kepada wongbanten.id  mengaku belum menerima anggaran bantuan yang di janjikan Pemkot Cilegon. Untuk dana operasional Satgas Covid-19 pihaknya mengambil anggaran dari kas rukun warga.

“Males nanyainya kang, sejak awal pembangunan posko juga kami gotong royong,”  ujarnya dengan nada kesal.

Dijelaskan dia, saat ini di lingkungannya ada enam orang warga yang positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri.Untuk penyemprotan disinfektan saja, lanjut dia warga bernisiatif gotong royong iuran membeli cairan disinfektan.

“Untuk masker saja, saya  minta ke Polres Cilegon, “ jelas dia.

Hal yang sama juga dilakukan, untuk penyemprotan disinfektan pihaknya bersama warga iuran. Apa yang dilakukannya semata-mata untuk memutus dan mencegah penyebaran virus corona di lingkungannya.

Diapun berharap, pemerintah derah kalau melakukan penyemprotan disinfektan, jangan hanya di jalan besar, tapi penyemprotan tersebut harus masuk ke lingkungan warga.

Hal senada disampaikan pengurus RW lainnya di wilayah Purwakarta, saat ditanya mengenai bantuan operasional Satgas Covid 1, dia pun menyatakan sama belum tahu.

“Alhamdulilah, belum sampai. Tapi kalau posko sih sudah lama berdiri,” ujarnya.

Tidak jelas

Dalam dua kesempatan, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memberikan keterangan terkait bantuan operasional untuk Satgas Covid-19.Menurut wali kota, alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 itu sudah disalurkan dari Pemkot Cilegon ke setiap kelurahan.

“Ya kan sudah ada alokasi dari pemerintah ke kelurahan,” ujar Helldy singkat, di Gedung DKISS Kota Cilegon, Selasa(29/6/2021).

Pernyataan itu bertolak belakang, saat diwawancara usai gelar apel PPKM Darurat Covid-19 Jawa-Bali, Jumat (2/7/2021).

Menurut Helldy, anggaran tersebut berada di tangan Sekretaris Daerah Kota Cilegon.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *