Home / Banten / Stok Oksigen Aman, RSUD Panggungrawi hanya Kekurangan Tempat Tidur
Untuk kebutuhan oksigen di rumah sakit, DKI Jakarta mengisi tabung oksigen di PT KS.Foto:ist

Stok Oksigen Aman, RSUD Panggungrawi hanya Kekurangan Tempat Tidur

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Persediaan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panggungrawi aman, tetapi lonjakan pasien harian konfirmasi corona virus menyebabkan ruang Alamanda, tempat pasien positif Covid-19 dan IGD di rumah sakit pelat merah itu penuh tak mampu menampung pasien yang datang.

“Untuk cadangan tabung oksigen di RSUD Panggungrawi aman untuk tiga hari ke depan, namun untuk ruang perawatan pasien Covid-19 masih kekurangan tempat tidur. Ruang ASlamanda dan IGD penuh,” ujar Pelaksana tugas (Plt) RSUD Panggungrawi, Ujang Iing kepada wongbanten.id, Senin (5/7/2021).

Menurut Ujang Iing, saat ini di rumah sakit tersedia cadangan sebanyak 40 tabung oksigen ukuran 6 m3.Ditambahkan mantan Kadis LH itu, pihaknya  per tiga hari mengisi tabung oksigen ke PT Krakatau Steel.

Ketika dikonfirmasi jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut, Ujang Iing mengatakan saat ini pasien yang ditawat di ruang Alamanda sebanyak 13 orang dan yang di IGD 13 orang.

Sebelumnya di kutip dari situs resmi  www.krakatausteel.com, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk berpartisipasi dalam penyediaan pasokan oksigen untuk kebutuhan penanganan Covid-19. Pada tahap awal oksigen yang dihasilkan akan dialokasikan untuk kebutuhan Provinsi Banten dan Jakarta dalam penanganan pasien Covid-19. Tidak menutup kemungkinan dalam bentuk lain seperti dikirim menggunakan tangki khusus ke daerah yang membutuhkan.

“Pada hari Minggu pagi (27/6), kami dihubungi oleh Pak Luhut Panjaitan dalam kaitan membantu memasok oksigen untuk penanganan Covid-19. Setelah dilakukan pengecekan ke pabrik oksigen Krakatau Steel di Cilegon, kami berikan oksigen yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 secara gratis. Kemudian kami berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan guna eksekusi selanjutnya,” jelas Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.

Petugas sedang mengisi tabung oksigen milik rumah sakit di Jakarta.Pengisian oksigen dilakukan di PT Krakatau Steel.Foto:ist

Krakatau Steel memproduksi oksigen dalam memenuhi kebutuhan pabrik baja pada proses pembuatan baja  di semua lini produksi baik dari iron making, steel making, maupun rolling mill. Oksigen terutama digunakan pada proses steel making dalam proses peleburan dan post production untuk membantu proses pemotongan produk. Kebutuhan oksigen Krakatau Steel didistribusikan dari Pabrik Gas Industri (PGI) milik Krakatau Steel sendiri dengan kapasitas 5.000 NM3/jam.

“Pabrik oksigen Krakatau Steel dapat mengisi 19 botol tabung oksigen secara bersamaan selama 30 menit, sehingga dalam waktu setengah hari kami dapat menghasilkan total 300 botol tabung oksigen,” tambah Silmy Karim.

Kapasitas tangki penampungan oksigen cair sebesar 100.000 liter atau setara 237.131 NM3 dapat menghasilkan sekitar 39.521 botol oksigen siap pakai. Saat ini Krakatau Steel memiliki 300 tabung gas oksigen masing-masing berkapasitas 6 NM3.

“Pada prinsipnya kami siap mendukung kebutuhan oksigen untuk medis tentunya dengan tetap mempertahankan keberlangsungan dukungan untuk proses produksi produk Krakatau Steel dan sesuai dengan kapasitas yang kami miliki. Dukungan ini sifatnya kemanusiaan dan tidak untuk kepentingan komersial,” tutup Silmy.(ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *