Home / Banten / Cegah Penyebaran Covid-19, Terus Lakukan Disinfeksi,Terapkan Prokes dan 5 M
Petugas menyemprot cairan disinfektan di salah satu rumah warga di Lingkungan Kenanga, Kelurahan Masigit, Rabu (7/7/2021).Foto:poesaputra-wongbanten.id

Cegah Penyebaran Covid-19, Terus Lakukan Disinfeksi,Terapkan Prokes dan 5 M

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, melakukan penyemprotan disinfektan di empat rukun warga.

Menurut Lurah Masigit, Rohimin, penyemprotan disinfektan di lingkungan permukiman warga, sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Hari ini kami melakukan penyemprotan di lingkungan Kenanga dan Terate Udik di empat rukun warga,” ujar Rohimin di sela-sela penyemprotan disinfektan di Lingkungan kenanga, Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, dalam penyemprotan ini Satgas Covid-19 kelurahan dibantu anggota babinsa Koramil Cilegon dan bhabinkamtibmas Polsek Cilegon.

Sasaran penyemprotan disinfektan tambah Robimin, selain lingkungan permukiman, rumah warga serta ruang public di kelurahan tersebut.

Dari data Kelurahan Masigit hingga hari ini, Rabu (7/7) tercatat kasus aktif Covid-19 sebanyak  49 kasus, dengan rincian 42 orang menjalani isolasi mandiri dan 7 orang lainnya menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Dibanding dengan kelurahan lain di Kecamatan Jombang, jumlah kasus aktif Covid-19 di Kelurahan Masigit paling kecil.

“Namun meski demikian, kami terus berusaha untuk memutus rantai, penyebaran virus corona,” jelas Rohimin.

Kepada masyarakat, Rohimin pun dengan tegas menyatakan supaya menerapkan prinsip 5 M yaitu memakai masker,mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Untuk memutus rantai penyebaran corona virus kitra harus taat menjalankan prokes dengan menerapkan 5 M, ini menjaga diri kita sendiri, menjaga keluarga dan menjaga orang lain dari penyebaran virus,” jelas Rohimin.

Rumah duka

BPBD Kota Cilegon menerjunkan dua petugas untuk melakukan penyemprotan, di Lingkungan Kenanga RW 04, petugas menyemprotkan cairan disinfektan di masjid.

Salah satu rumah dengan tanda bendera kuning di lingkungan tersebut, bagian luar dan dalam rumah  disemprot cairan disinfektan oleh petugas BDPD.

Menurut penuturan ketua rukun warga  setempat, Juju, menjelaskan dirumah tersebut ada keluarganya yang meninggal akibat Covid-19.

“Almarhum meninggal di RS Koja, Jakarta Utara dan dimakamkan disana,  jenazahnya tidak dibawa kesini.Di rumah ini hanya digelar tahlilan saja,” jelas Juju.

Petugas BPBD Kota Cilegon menyemprotkan cairan disinfektan d8i halaman masjid di Lingkungan Kenanga, Kelurahan Masigit, Rabu (7/7/2021).Foto:poesaputra-wongbanten.id

 

Menurut petugas penyemprotan dari BPBD Kota Cilegon , disinfeksi ini sebagai upaya  pencegahan dari berbagai jenis organisme berbahaya, baik virus dan bakteri maupun jamur, yang bisa menyebabkan penularan penyakit. Penyemprotan disinfektan untuk mencegah semua hal itu.

“Baik rumah maupun tempat-tempat umum seperti masjid kita semprot dalam rangka pencegahan. Khawatirnya di tempat-tempat tersebut sudah ada virus yang menempel ataupun  terbawa melalui diri kita sendiri, penghuni rumah atau jamaah,”jelasnya.(ps)

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *