Home / Banten / Jalan Aat-Rusli”Daerah Tak Bertuan” pada Masa PPKM Darurat, THM dan Warung Tetap Buka

Jalan Aat-Rusli”Daerah Tak Bertuan” pada Masa PPKM Darurat, THM dan Warung Tetap Buka

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Selama  masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021, Satgas Covid-19 Kota Cilegon melakukan penutupan sejumlah  ruas jalan protokol.

Penutupan ruas jalan protokol  ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas dan aktivitas masyarakat, terutama di titik-tik keramaian.Kerumunan masyarakat berisiko tinggi  penyebaran corona virus. Penutupan beberapa ruas jalan protokol dimulai.

Baca:Mobilitas Dibatasi Selama PPKM Darurat Covid-19, Beberapa Ruas Jalan Protokol di Cilegon Ditutup

Memasuki hari ke 5, Rabu dini hari (7/7/2021), pantauan wongbanten.id, di sepanjang Jalan Aat-Rusli, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber seolah “daerah tak bertuan atau no man’s land” tidak ada penutupan jalur protokol seperti yang diterapkan di dalam Kota Cilegon.

Banyak warga  atau pengunjung terlihat tanpa menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak   berkerumun di warung-warung dengan cahaya lampu temaram diselingi irama house music di  sepanjang Jalan Aat-Rusli, mulai dari perempatan lampu merah Jalan Aat-Rusl hingga Ciberko .

Selain di warung-warung, kerumunan juga terlihat di dua lokasi tempat hiburan malam (THM), banyak kendaraan pengunjung di parkir.Di warung yang lokasinya persis di depan THM, seperti tidak ada pandemi corona virus, beberapa wanita berpakaian seksi nongkrong, tanpa memakai masker.

Lalu dimanakah petugas Satgas Covid-19 Kota Cilegon dan Satgas Covid-19 Kabupaten Serang?

Jika melihat Intruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan PPKM Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon bersama Kabupaten Tangerang serta Kabupaten Lebak, masuk dalam kriteria level 3.

Lalu, mengapa mereka para pemilik warung dan pengelola hiburan malam berani beroperasi, padahal jelas di Instruksi Mendagri tersebut, pusat pertokoan, mall, tempat wisata, tempat ibadah, lokasi seni dan budaya , sarana olah raga harus tutup.

Menurut seorang pedagang yang minta namanya tak disebutkan, mengungkapkan  operasi atau razia oleh petugas hanya dilakukan  hari-hari tertentu saja.

“Kalau operasi, biasanya rutin hari Sabtu sama Minggu aja, kalau mau ada razia kita disuruh tutup dulu, nanti kalau razianya udah lewat boleh buka lagi. Ada yang ngasih tau gitu,” jelasnya.

Persoalan THM yang tetap beroperasi saat pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat Covid-19 Jawa-Bal, itu pun bukan rahasia umum lagi.

Sebut saja, Upin ia mengungkapkan beberapa THM di sepanjang Jalan Aat-Rusli tetap beroperasi meski dengan cara kucing-kucingan.

“Ada aja yang buka mah mas, biasalah mereka juga kucing-kucingan.Liat situasi,” katanya.

Menurutnya, THM yang beroperasi di Jalan Aaat-Rusli itu masuk wilayah Kabupaten Serang, bukan di wilayah Kota Cilegon.Dijelaskan dia, biasanya mereka buka diatas pukul 23.00 WIB dan tutup jelang subuh.

“Lihat aja,di luarnya kan ramai di dalam juga lampunya terang, berarti?,” kata dia.

Tak berkomentar

Ketika berusaha dikonfirmasi  melalui telepon genggamya,terkait tidak dilakukan penutupan ruas Jalan  Aat-Rusli  seperti yang diberlakukan di ruas jalan dalam kota, Ketua Satgas Covid-19 Kota Cilegon yang juga Wali Kota Cilegon Helldy Agustian tidak memberikan berkomentar, malah seolah menutup saluran telepon genggamnya.

Sementara Penasihat Gerakan Bersama Anti Kemaksiatan (Gebrak) Banten Eddy Jon menyatakan keprihatinnanya melihat maraknya warung-warung dan THM yang masih beroperasi di saat PPKM Darurat Covid-19.

“PPKM terlihat masih tebang pilih, tidak berlaku bagi THM, warem dan pedagang minuman keras,” tegas dia.(oep)

 

Check Also

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat …

Peringati Harlah ke-23, PKB Cilegon Bagi Sembako ke Anak Yatim Piatu dan Warga Terdampak Covid-19

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Hari ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginjak umur ke-23.Peringatan hari lahir (Harlah) partai yang  dideklarasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *