Home / Banten / Kapolres Cilegon:Kami akan Tindak Apotek dan Toko Obat Jual Obat Covid 19, Vitamin Diatas HET
Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono

Kapolres Cilegon:Kami akan Tindak Apotek dan Toko Obat Jual Obat Covid 19, Vitamin Diatas HET

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Kepolisian Resor (Polres) Cilegon, Polda Banten, akan menindak  tegas apotek, toko obat yang menjual obat yang digunakan sebagai obat terapi Covid-19 serta vitamin diatas harga eceran tertinggi (HET).

“Kami sudah melakukan pemantauan terhadap apotek, toko obat yang  ada di wilayah hukum Polres Cilegon dan sebagian Kabupaten Serang yang wilayah hukumnya masuk Cilegon.Monitoring ini untuk memastikan penjualan harga obat dan vitamin sesuai dengan HET, saya ingatkan juga jangan ada penimbunan obat, kalau ketahuan saya akan tindak tegas,” ujar Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Kamis (8/7/2021).

Dijelaskan mantan penyidik KPK itu, sampai saat ini dari hasil pemantauan harga obat dan vitamin di apotek dan toko obat di Cilegon dan sebagian Kabupaten Serang, masih standar atau tidak melampaui s HET.Meski demikian lanjutnya, polisi tetap akan melakukan pemeriksaan  terkait HET pada saat ini dan HET sebelumnya di setiap apotek serta toko obat yang, sesuai dengan izin BPOM yang dkeluarkan pada obat atau vitamin.

“Kami tentunya akan melakukan pemeriksaan atau pengecekan terhadap HET obat atau vitamin,  kami akan melihat harga ecerannya. Kalau misalnya HET-nya yang dulu, pastinya  harganya menyesuaikan yang lama, nah kemudian harga eceran terbaru ini apakah nanti itu berlakunya untuk obat yang dikeluarkan yang sekarang-sekarang dengan harga baru,” jelas Sigit.

Polres Cilegon akan  berkoordinasi dengan Polda Banten, Bareskrim Polri, serta dari dinas kesehatan jika sudah mendapatkan data harga obat dan vitamin di pasaran. Hal itu dilakukan agar sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Kapolres Cilegon menyampaikan bekerjasama dengan Kejari Cilegon untuk melakukan pencegahan serta  mengimbau para pemilik apotek supaya  tidak mempermainkan harga harga obat dan vitamin ditengah pandemi corona virus yang saat ini banyak diburu warga.

“Tapi kalau memang niatnya menimbun, niatnya memang tidak mengikuti aturan yang terbaru ya pasti ditindak. Kita kerjasama dengan Kejari Cilegon sudah memasang pamflet, sudah memberikan imbauan kepada pemilik apotek di Cilegon,” jelasnya.

Masih normal

AKBP Sigit menyatakan, hingga saat ini di Kota Cilegon harga obat dan vitamin masih normal, pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat  terkait adanya  kenaikan dan kelangkaan obat atau vitamin di apotek di wilayah Kota Cilegon ataupun sebagian Kabupaten Serang.

Di juga telah memerintahkan jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Cilegon untuk melakukan pemeriksaan ke setiap apotek.(ps)

Check Also

Covid-19, Di Banten Kasusnya Turun Signifikan

WONGBANTEN.ID, SERANG – Angka kesembuhan diBanten sebanyak 122.612 atau (95,29%) dan angka kematian 2.612 orang …

Peringati HUT RI Ke 76, Korpolairud Baharkam Polri Gelar Gerai Vaksin Merdeka dan Bakti Sosial

  WONGBANTEN.ID, TANGERANG, Senin (16/8) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76, Korpolairud …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *