Home / Nusantara / Mendagri:Warga Pelanggar PPKM Darurat Tak Hanya Ditindak Tegas,Berikan Bantuan Ekonomi
Satpol PP Kota Cilegon dalam kegiatan razia beberapa waktu lalu.Foto:dok wongbanten.id

Mendagri:Warga Pelanggar PPKM Darurat Tak Hanya Ditindak Tegas,Berikan Bantuan Ekonomi

WONGBANTEN.ID,JAKARTA– Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengeluarkan Surat Edaran Nomor: PPKM 440/3907/SJ Tahun 2021 tentang Penerbitan Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro/Darurat dan Percepatan Pemberian Vaksin Bagi Masyarakat.

Surat edaran tertanggal 16 Juli 2021 tersebut,  ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota agar memerintahkan jajaran Satpol PP di daerah masing-masing untuk mengutamakan langkah-langkah yang profesional, humanis, dan persuasif dalam pelaksanaan PPKM Mikro/Darurat pada tahapan:

Penerbitan pelaksanaan PPKM Mikro/Darurat sebagaimana diatur dalam Inmendagri tentang PPKM Mikro/Darurat.

Dikutip dari netizenku.com, Minggu (18/7/2021), selain  penegakan hukum/disiplin yang tegas namun santun dan simpatik, bagi masyarakat yang melanggar ketentuan PPKM Mikro/Darurat dan dilarang menggunakan kekerasan yang berpotensi pelanggaran hukum.

Dalam pelaksanaan kedua hal diatas, agar tetap bersinergi dengan jajaran TNI/Polri dan unsur Forkopimda lain yang terkait.

Dalam pernyataan pers virtual terkait Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7) malam, Tito Karnavian mengatakan surat edaran tersebut telah disampaikan dalam rapat virtual bersama kepala daerah siang tadi.

Tito meminta agar warga yang terdampak pandemi Covid-19 di masa PPKM Darurat tidak hanya ditindak tegas bila melanggar tapi juga diberikan bantuan ekonomi.

“Baik dalam bentuk pembagian masker, sembako, kemudian suplemen atau makanan sehat, hand sanitizer dan lain-lain. Ini surat edarannya kami edarkan kepada seluruh kepala daerah. Kami lakukan monitoring,” ujar Tito.

Berikut isi surat edaran nomor 440/3907/SJ Tahun 2021 tentang penerbitan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat:

1.Memerintahkan jajara Satpol PP di daerah masing-masing untuk mengutamakan langkah yang profesional, humanis, dan persuasif dalam pelaksanaan PPKM Mikro/Darurat

2.Mengevaluasi dengan aktif penerbitan pelaksaaan PPKM di masing-masing wilayah

3.Membantu masyarakat yang kesulitan secara ekonomi sebagai akibat terkena dampak pandemi Covid-19 dan dampak pelaksanaan PPKM Mikro/Darurat, antarala lain dengan memberikan bantuan sembako dan suplemen/makanan sehat, disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.(ps-net)

 

Check Also

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Gubernur WH : Kota Serang Etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap Kota Serang tumbuh menjadi etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *