Home / Banten / Direktur ALIPP:Tunda Renovasi Gedung Setda,Banyak Persoalan Publik Harus Diprioritaskan Pemkot Cilegon
Gedung Setda Kota Cilegon yang akan direnovasi tampak muka dengan nilai Rp1.629.997.676.55.Foto:Dok 48HR4

Direktur ALIPP:Tunda Renovasi Gedung Setda,Banyak Persoalan Publik Harus Diprioritaskan Pemkot Cilegon

WONGBANTEN.ID,CILEGON-Ditengah pandemi corona virus, ditambah lagi dengan  Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang  membatasi aktivitas masyarakat, dimana dampak yang dirasakan adalah kesulitan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), akan melakukan renovasi atau merubah muka gedung Setda Kota Cilegon dengan nilai Rp1.629.997.676.55.

Rencana makeover gedung dua lantai di Jalan Jenderal  Sudirman No.2, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta  yang prosesnya sudah masuk  lelang di LPSE Pemkot Cilegon, disorot Direktur Aliansi Lembaga Independen Peduli Publik (ALIPP) Uday Suhada.

“Yang harus dipikirkan Pemkot Cilegon  saat ini adalah makanan bergizi, obat-obatan bagi  warga Cilegon yang saat ini sedang melakukan isolasi mandiri.Dan pemerintah dalam kondisi pandemi ini harus  mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tegas Uday, Rabu (21/7/2021).

Menurut dia, dilihat secara fisik dan kondisinya saat ini  gedung tersebut masih layak pakai, maka Pemkot Cilegon  sebaiknya menunda dulu  renovasi gedung Setda.

“Masih banyak persoalan publik yang harus diprioritaskan oleh Pemkot Cilegon. Apalagi kondisi masyarakat Cilegon pada umumnya saat ini sedang memprihatinkan,” tegas dia.

Dianggarkan kembali

Dikonfirmasi wongbanten.id, Kepala DPUTR Kota Cilegon Ridwan menjelaskan, renovasi tampak muka gedung Setda merupakan program tahun 2020 dan teranggarkan di tahun yang sama.

“Namun, saat itu anggarannya di refocusing untuk Covid-19, maka tahun ini kembali dianggarkan meski waktunya di pertengahan dan terlambat, tetapi untuk program ini sudah melalui tahapan,” jelas Ridwan.

Sementara  Kabid Cipta Karya DPUTR Mughni mengatakan, gedung Setda hanya direnovasi bagian depan atau tampak muka.

“Tidak dibangun ulang hanya di renovasi bagian depannya, diantarannya kolom di gedung sekarang nanti akan diganti menggunakan granit, dan bagian luar atau eksterior yang terekspose saat ini  akan dipasang aluminium composite panel (ACP),” kata Mughni.

Bila dilihat dari estetika bangunan, maka bagunan gedung Setda kalau dilihat dari tampak muka akan senada dengan gedung Graha Edhi Praja yang berada di bagian belakang gedung Setda.(ps)

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *