Home / Banten / Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya
Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, saat konferensi pers pengungkapan pencurian dengan pemberatan di Mapolres Cilegon, Jumat (23/7/2021).Foto:dok Humas Polres Cilegon

Melawan Saat Ditangkap, 2 Maling Truk Ditembak Kakinya

WONGBANTEN.ID,CILEGON– Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Cilegon, Polda Banten menembak dua orang anggota anggota sindikat maling spesialis mobil truk colt diesel.Polisi terpaksa menindak tegas karena kedua tersangka berinisial As dan Al melawan petugas saat akan ditangkap di wilayah Bandung.

“Tindakan tegas dan terukur dilakukan oleh anggota Resmob, karena kedua tersangka melawan dan mengancam nyawa petugas saat akan ditangkap,” tegas Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, saat konferensi pers pengungkapan pencurian dengan pemberatan di Mapolres Cilegon, Jumat (23/7/2021).

Dijelaskan Sigit, selain menangkap kedua tersangka yang menjadi otak pelaku pencurian truk colt diesel, petugas juga meringkus empat tersangka lainnya yakni MK,SN,RD  dan IN yang berperan sebagai penadah mbil truk curian di daerah Pandeglang.

Selain menangkap para pelaku, polisi juga menyita barang bukti kejahatan mereka yaitu satu unit mobil truk colt diesel yang sudah dimodifikasi bagian depannya dan mengganti nomor kendaraan asli dengan kendaraan palsu, serta dokumen kendaraan yang asli.

Sewa angkut hewan kurban

Menurut Kasat Reskrim AKP Arif Nazarudin Yusup, modus komplotan itu berpura-pura butuh truk sewaan untuk mengangkut hewan kurban.

“Pada tanggal 9 Juli ,korban mendapat telepon dari tersangka yang menyatakan mereka butuh mobil truk colt diesel untuk mengangkut hewan kurban di Pandeglang,” jelas Arif.

Kepada korbannya yang berada di Bandung, para pelaku meminta bila sudah berada di tol Tangerang-Merak, supaya keluar di tol Cilegon Timur,” ujar Arif.

Pukul 19.30 WIB di exit tol Cilegon Timur, tersangka As da Al, sudah menunggu truk yang dikemudikan Entis.Setelah bertemu lanjut Arif, mereka bertiga kemudian menuju kea rah Pandeglang lewat Anyer.

“Korban diajak makan malam, nah saat makan itu terjadi komunikasi, karena keadaan sudah malam tersangka mengajak korban untuk bermalam dahulu di penginapan yang ada di Anyer. Setelah itu, sopir dan pelaku menginap di sana,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres Serang itu.

Kedua pelaku mulai malncarkan aksinya, saat korban Entis tertidur kedua tersangka mengambil kunci mobil beserta surat kendaraannya dan membawa kabur mobil truk diesel.

Entis lalu melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Cilegon, Tim Resmob dipimpin langsung AKP Arif Nazarudin Yusup langsung bergerak cepat mencari serta menyelusuri keberadaan kendaraan tersebut berikut para pelakunya.

Keberadaan kendaraan akhirnya diketahui posisinya lewat sistem pemosisi global atau  Global Positioning System (GPS) yang dipasang di kendaraan tersebut berada di wilayah Pandeglang.

Di Pandeglang polisi berhasil menangkap 4 pelaku yakni MK,SN RD dan IN yang menjalankan tugas untuk memodifikasi colt diesel curian dan mengganti plat nomor kendaraannya.

Dari keterangan para pelaku, ternyata pelaku utamanya  As dan Al yang melarikan diri ke Bandung.

“Saat akan ditangkap di Bandung, keduanya melakukan perlawanan yang mengancam nyawa petugas, maka kami ambil tindakan tegas dengan menembak kaki kedua tersangka,” ujar Arif.

Pelaku As dan Al dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dan 4 pelaku lainnya diancam pasal 480 KUHP tentang penadah barang hasil curian.(ps)

 

Check Also

Krakatau Steel Berikan Bantuan Sembako dan Beasiswa Prestasi Menjelang HUT Ke-51

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-51 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada Senin (9/8) …

520 Masyarakat Maritim Menerima Vaksin Covid-19

WONGBANTEN.ID, CILEGON. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan oleh pemerintah, salahsatunya dengan melakukan serbuan vaksinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *