Home / ADV / Jokowi Kenakan Baju Adat Baduy Sambut HUT RI

Jokowi Kenakan Baju Adat Baduy Sambut HUT RI

 

WONGBANTEN.ID. SERANG – Presiden RI Joko Widodo mengenakan baju adat suku Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021 sebagai agenda resmi MPR RI setiap menyambut HUT RI ke 76 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/8). Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku bangga dan terharu dengan dikenakannya baju adat khas Provinsi Banten dari suku Baduy tersebut oleh Presiden dalam forum resmi lembaga tertinggi Negara yang diikuti secara virtual oleh seluruh daerah di Indonesia tersebut.

“Tentu saja kita masyarakat Banten patut berbangga dan secara pribadi saya juga merasa terharu,” kata Andika usai mengikuti secara virtual  Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten dengan agenda mengikuti sidang tahunan MPR tersebut.

Menurut Andika, dirinya merasa bangga dan haru mengingat penghargaan yang begitu tinggi dari Negara kepada masyarakat adat Baduy sebagai masyarakat adat khas Provinsi Banten dengan dikenakannya baju adat Baduy itu oleh Kepala Negara pada forum tertinggi Negara tersebut. Selain itu, lanjutnya, momen dikenakannya baju khas Baduy oleh kepala Negara kali ini juga adalah momen yang sakral yakni momen Peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Untuk diketahui, Jokowi selalu mengenakan baju adat yang berbeda tiap menghadiri Sidang Tahunan MPR. Tahun lalu Jokowi mengenakan pakaian adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Dan tahun sebelumnya, mantan Gubernur DKI itu mengenakan baju adat suku Sasak NTB.

Kali ini, Jokowi mengenakan baju adat dari suku Baduy, suku asli di Provinsi Banten. Pakaian yang dikenakan Jokowi berupa baju pangsi serba hitam dengan ikat kepala batik khas Baduy berwarna hitam bercampur biru. Tidak lupa Jokowi juga mengenakan tas Koja yang merupakan tas rajut khas Baduy.

Sebelum menutup pidato kenegaraannya menyambut HUT RI ke 76 di forum tersebut, Jokowi mengumumkan bahwa dirinya mengenakan baju adat Baduy, pakaian khas suku Baduy, masyarakat adat asal Provinsi Banten. Jokowi mengatakan, dirinya memilih baju adat tersebut karena kesederhanaannya dan kenyamanan saat dikenakan.

“Terima kasih kepada Bapak Jaro Saija, Kepala Adat suku Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini,” kata Jokowi disambut anggota dan pimpinan DPR/MPR RI peserta sidang baik yang hadir fisik maupun virtual. (ADV)

Check Also

Raih Juara 2 Nasional, Duta Bahasa Banten Sowan ke Wakil Gubernur Banten

WONGBANTEN.ID, SERANG – Duta Bahasa Provinsi Banten, Abdillah El Habib dan Veronica, mengunjungi Wakil Gubernur …

Lantik Warek II dan III, Rektor UNMA Banten: Jabatan Itu Amanah, Bukan Hak

PANDEGLANG – Rektor Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA), Prof. Sybli Sardjaya melantik dua Wakil Rektor (Warek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *